Cara Mengatasi & Obat Bau Kaki

Ditulis oleh Bibit WS pada 2012/07/08 | 7/08/2012 11:38:00 AM

Cara Mengatasi & Obat Bau Kaki
Kaki yang mengeluarkan aroma tak sedap sudah tentu akan menimbulkan masalah bagi Anda. Tidak hanya rasa percaya diri menjadi menciut, penampilan pun mendadak menjadi 'kemarau'.

Menurut American College of Foot dan Ankle Surgeons, masalah aroma tak sedap pada kaki umumnya disebabkan oleh bakteri dan jamur dalam sepatu, yang masuk lewat kulit.

Tips bebas dari bau kaki:

Sering mengganti sepatu

Mengganti sepatu sebanyak mungkin dapat membantu mengurangi bau tak sedap pada kaki. Paling tidak, cobalah menghindari mengenakan sepasang sepatu yang sama dua hari berturut-turut.

Ketika sepatu Anda basah dari keringat, dibutuhkan beberapa jam untuk benar-benar kering.

Pakai kertas pengering ke dalam sepatu

Menempatkan kertas pengering di sepatu mungkin tampak aneh, tetapi hal ini dapat membantu menyerap bau kaki. Lembar pengering akan membantu menghilangkan bau busuk dan menjaga sepatu Anda tetap berbau segar.

Pilih sepatu berkualitas

Jika Anda ingin membeli sepatu, belilah sepatu berkualitas bagus. Cari sepatu yang bagian dalamnya terbuat dari bahan alami, karena akan membuat kaki bisa bernapas lega dan lebih cepat menyerap keringat. Bahan sintesis akan membuat kaki mengeluarkan bau yang tidak enak karena kurangnya udara masuk.

Jangan pernah merasa untung membeli sepatu murah dengan kualitas rendah. Sepatu Anda akan cepat rusak. Lebih baik membeli sepatu yang sedikit lebih mahal, namun berkualitas bagus.

Rendam kaki pakai obat kumur

Obat kumur (mouthwash) tidak hanya bisa membuat nafas segar, tetapi juga dapat digunakan untuk menjaga kaki Anda supaya tidak terlalu bau. Rendam kaki Anda dalam air yang dicampur dengan obat kumur sekali sehari.

Obat kumur ini akan membantu menghilangkan bakteri dari kaki Anda, dengan cara yang sama ketika membunuh bakteri di mulut. Jika cara ini cukup aneh bagi Anda, pertimbangkan untuk menggosok kaki dengan kapas yang sudah direndam obat kumur.

Pakai kaus kaki berbahan katun

Jika bau kaki selalu menjadi masalah rutin bagi Anda, gunakanlah kaus kaki katika Anda mengenakan sepatu. Tanpa kaus kaki, keringat di kaki, biasanya akan pergi langsung ke sepatu. Kaus kaki membantu menyerap keringat dan dapat mengurangi pertumbuhan bakteri dalam sepatu.

Kaus kaki yang terbuat dari katun atau wol adalah pilihan yang terbaik, karena kedua bahan ini menyerap keringat lebih baik ketimbang kaus kaki berbahan nilon.

Pastikan kaki Anda benar-benar kering sebelum memaki kaus kaki. Memakai kaus kaki ketika basah dapat menyebabkan kaki lembab dan memicu bau tak sedap.

Diolah ulang oleh SerbaSeru.com dari Inilah.com.

0 komentar:

Poskan Komentar

Search terms:
Tips Kesehatan, Cara Mengatasi & Obat Bau Kaki, Tips Kesehatan: Cara Mengatasi & Obat Bau Kaki, Cara Mengatasi & Obat Bau Kaki

Diberdayakan oleh Blogger.