Foto Serdadu Homo Israel, Gambar Tentara Gandeng Tangan

Foto dua serdadu Israel sedang bergandengan tangan, menuai kontroversi. Beberapa mendukung, lainnya merasa foto ini merusak citra Israel.

Foto yang dimuat di laman Facebook resmi milik angkatan bersenjata Israel (IDF) pada awal pekan itu, menampilkan dua serdadu yang mengenakan seragam hijau IDF. Terlihat baret mereka yang berbeda, menandakan keduanya bukan dari unit yang sama.

Namun yang mencolok adalah tangan mereka yang tampak bergandengan. Foto ini, seperti disampaikan IDF, dilansir dalam rangka International Day against Homophobia and Transphobia yang sebenarnya jatuh pada 17 Mei lalu.

IDF hendak menyampaikan, bahwa semua serdadu, tak peduli orientasinya, diperlakukan dengan sama. “IDF menjalin komunikasi dengan komunitas homoseksual, untuk mengerti pentingnya isu yang dihadapi serdadu gay,” demikian IDF di situs resminya.

Kampanye ini mulanya sukses, banyak yang memberi like dan membagi (share) foto tersebut. Media ikut meliputnya dan menegaskan penerimaan Israel terhadap kaum homoseksual. Yang jelas, ini menggembirakan kaum homoseksual dan festival Gay Pride di Tel Aviv.

Namun, foto ini menuai kontroversi saat cerita di baliknya terungkap. Sumber di media Times of Israel menyatakan, foto ini bukan spontanitas antara pasangan gay di IDF. Mereka adalah serdadu di kantor Jubir IDF. Satu memang gay, tapi lainnya serdadu normal.

Akhirnya, IDF dituding memalsukan foto tersebut. Hingga saat ini, IDF belum memberikan respon atas tudingan tersebut. Foto kedua serdadu itu masih ada di laman Facebook IDF dan pernyataan sikap atas homoseksual juga masih ada di situs resminya.

Diolah ulang oleh SerbaSeru.com dari Inilah.com.

Diminati pembaca:

  • Gbr gay militer telanjang
  • poto Seksi tentara israel homosek