Kotak Hitam (Black Box) Sukhoi SuperJet 100 Ditemukan

Kabar Terkini Kotak Hitam (Black Box) Sukhoi SuperJet 100 Ditemukan

Tim Komando Pasukan Khusus (Kopassus), yang menjadi bagian dari Tim Search and Rescue pesawat Sukhoi Jet-100, telah menemukan kotak hitam pesawat SSJ-100. Koordinator Pos Cimelati, Soma Suparsa, menyatakan Kopassus menemukan kotak hitam itu di dalam jurang sedalam 500 meter, di bawah tebing yang ditabrak pesawat pada pukul 15.00, Minggu 13 Mei 2012.

Sebelumnya, Tim Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) dan tim dari Rusia juga telah mengirim orang untuk mencari kotak hitam pesawat itu. Tim ini juga memeriksa dan mengumpulkan berbagi instrumen komunikasi pesawat Sukhoi.

Kepala Badan SAR Nasional, Marsekal Madya Daryatmo, mengatakan Tim SAR Gabungan sudah mencapai lembah jurang lokasi jatuhnya pesawat Sukhoi di Gunung Salak, Bogor. “Tim kita sekarang sudah berada di bawah sudah berada juga dekat dengan puing-puing yang kami anggap lebih besar,” kata Daryatmo di Lanud Halim Jakarta, Minggu 13 Mei 2012.

Namun proses evakuasi lanjut Daryatmo tidak dapat dilanjutkan karena cuaca yang tidak mendukung sehingga helikopter tidak bisa masuk ke dalam lembah. Selain itu hari juga sudah menjelang malam.

“Karenanya evakuasi kami hentikan dulu sejenak, besok pagi kami mulai lagi tapi dihentikan itu bukan berarti operasi ditutup, tidak. Tim SAR di sana tetap menjalankan tugas,” ujarnya.

Diolah ulang oleh SerbaSeru.com dari VIVAnews.