Serangga Tomcat Serang Warga Yogyakarta

Gambar Tomcat Serangga yang diduga jenis Tomcat menyerang warga di RT 48 RW 07 Celeban Baru, Kelurahan Tahunan Kecamatan Umbulharjo Yogyakarta.

Sebanyak 12 warga dari 9 kepala keluarga yang tinggal di gang Sidorukun terkena penyakit kulit yang cirinya sama dengan penyakit kulit yang disebabkan serangga Tomcat.

Masriati (32) seorang warga wilayah setempat mengatakan sejak seminggu kemarin keluarganya mengalami penyakit kulit. “Awalnya perih, panas lama-lama seperti gosong. Saya, suami dan dua anak mengalami hal yang sama,” katanya, Rabu (21/3).

Menurut dia serangga tersebut sering muncul saat malam hari. “Suka mengerumuni lampu. Jumlahnya banyak sekali,” katanya.

Setelah ada kejadian warga terserang penyakit kulit tersebut, maka beberapa warga melapor Ke Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta.. “Dari ciri-ciri serangga memang seperti tomcat,” ucap Petugas dari Bidang Pertanian Disperindagkoptan Dhoto Dewandono sambil memasukkan serangga berukuran lebih kurang 1 centimeter ke dalam plastik.

Serangga berwarna hitam dan merah itu oleh petugas akan dibawa ke ahli serangga untuk dilakukan penelitian. “Nanti untuk memastikan penanganannya,” jelasnya.

Di depan rumah tempat warga terserang penyakit kulit terdapat sawah.

Menurut Ketua RW setempat, Sadimin, jika musim tanam padi hingga panen warga sering terserang penyakit kulit tersebut. “Awalnya kami pikir karena tidak cocok airnya. Ternyata karena serangan hewan itu yang memang banyak muncul saat musim tanam padi,” katanya.