VIDEO: Badai Washi Filipina

Ditulis oleh Bibit WS pada 2011/12/20 | 12/20/2011 09:50:00 AM

FOTO Badai Angin Washi Filipina Badai tropis Washi telah memporakporandakan pesisir pantai di daerah Cagayan de Oro dan Iligan, Filipina.

Pemandangan akibat badai Washi sangat menyedihkan. Rumah warga hancur, pohon bertumbangan dan mobil-mobil terbalik. Warga yang kehilangan rumah terpaksa berlindung di tempat-tempat pengungsian.

Berdasarkan catatan Palang Merah Filipina, hingga Senin 19 Desember 2011, korban tewas akibat badai Washi mencapai 652 orang. Kemungkinan korban tewas akan bertambah. Pasalnya, 900 orang yang dikabarkan hilang belum juga diketahui hidup atau mati.

Badai Washi telah melewati selatan Filipina pada Senin dini hari waktu setempat. Lebih dari 135 ribu penduduk pulau terbesar kedua di Filipina diperkirakan terdampak badai, dan 47 ribu di antaranya berada di pusat evakuasi, seperti dimuat CNN.

Pemerintah mengatakan para korban selamat kini benar-benar membutuhkan air bersih, obat-obatan, dan lebih banyak tempat penampungan. Amerika Serikat dan China telah menawarkan bantuan untuk memberikan bantuan pangan, pakaian, tempat penampungan, dan tenaga untuk membantu proses penyelamatan.

Warga Filipina bisa sedikit bernafas lega karena Badan Atmosfir, Geofisika, dan Astronomi Filipina tidak mengeluarkan peringatan adanya badai susulan. Namun, mereka masih harus membereskan daerah yang porak poranda setelah diterjang badai.

Daerah yang paling parah terdampak banjir adalah Iligan dan Cagayan de Oro, dimana banyak rumah penduduk yang tersapu akibat banjir yang menyerbu saat sedang tertidur lelap. Pemerintah Filipina konon dikritik karena dianggap kurang gencar memberi peringatan datangnya badai.

Lihat video wilayah Iligan dan Cagayan de Oro yang porak poranda akibat badai di tautan ini.
Sumber Berita ►
Diberdayakan oleh Blogger.