Foto IU – Profil Lee Ji Eun – Biodata IU

Penyanyi IU baru saja merilis album keduanya yang bertajuk ‘Last Fantasy‘. Tiga tahun wara-wiri di dunia musik Korea, IU masih mempertahankan citranya sebagai gadis lugu. Yuk, kenalan lebih jauh dengannya!

IU lahir dengan nama Lee Ji Eun, 16 Mei 1993. Ia debut di usianya yang ke-15 pada 2008 silam. Tak seperti tubuhnya yang imut, karakter vokalnya sangat luar biasa. Dalam waktu 4 tahun saja, IU berhasil membuktikan dirinya bisa sejajar dengan idola lain yang kebanyakan berformat grup.

Saat ini, IU berada di bawah naungan LOEN Entertainment. Sebelumnya ia mencoba peruntungan dengan mengikuti audisi di Mgoon dan JYP Entertainment. Di JYP, ia audisi bersamaan dengan Wooyoung yang kemudian bergabung dengan 2PM dan Goo Hara yang kemudian bergabung di KARA. Sayangnya, saat itu IU tak berhasil.

IU akhirnya debut sebagai penyanyi solo di program musik MNet M! Countdown 18 September 2008. Ia merilis mini album pertamanya yang bertitel ‘Lost and Found’ dengan title track yang menjadi hit ‘Missing Child’. Setahun kemudian, ia merilis album pertamanya ‘Growing Up’ dengan lagu ‘Boo’ yang kemudian mengantarkannya ke posisi satu SBS ‘Inkigayo’.

Kepribadian IU yang menyenangkan dan perawakannya yang seperti anak sekolah pada umumnya menjadikan fans IU bukan dari kalangan remaja, tetapi juga orangtua. Tak heran jika ia mendapat julukan ‘national little sister’. Meski demikian, IU sendiri merasa dirinya dingin dan tidak bersahabat.

“Orang yang tidak mengenalku dengan baik akan mengatakan ‘dia berubah setelah jadi populer’. Tetapi aku memang dingin dan tidak bersahabat sejak dulu. Bahkan sejak belum debut,” papar IU dilansir Soompi.

Pada 2011 menjadi tahun keemasan bagi rekan duet Seulong ‘2AM’ itu. “Aku berlari sepanjang tahun ini tanpa beristirahat, tetapi tahun ini adalah tahun yang paling menyenangkan untukku,” sambungnya.

Seperti remaja pada umumnya, IU selalu terlihat bersemangat meski kadang malu-malu. Ia beberapa kali terlihat naik taksi sendiri ke sekolah dan menghadiri beberapa acara masih dalam seragamnya. Apa yang berubah dari hidup IU setelah menjadi bintang?

“Aku terus menemukan sisi lain dari hidupku yang sebelumnya aku tak tahu, bahkan aku sendiri kadang terkejut,” ujarnya.

Ia pun mengaku masih canggung harus tampil di hadapan orang banyak. “Sejujurnya, aku masih sedikit takut ketika banyak orang menontonku, tetapi dalam saat yang bersamaan, itu menginspirasiku,” pungkasnya.