Payudara Besar Mudah Kena Diabetes?

Sebuah penelitian dari Universitas Toronto di Kanada mengatakan ukuran payudara bisa dijadikan ukuran seseorang terkena diabetes. Benarkah?

Penelitian ini dilatarbelakangi karena banyak perempuan yang menderita diabetes tidak menyadari bahwa mereka mengidap penyakit tersebut.

Para peneliti kemudian mengadakan survei tentang ukuran bra ke 90.000 perempuan berusia akhir 30-an ketika mereka masih berusia 20-an di Inggris.

Kemudian, para peneliti membandingkannya dengan jumlah responden perempuan yang terkena diabetes.

Hasil yang didapat adalah perempuan yang memiliki ukuran cup bra ‘B’ pada usia 20 ternyata memiliki risiko 37% lebih tinggi mengidap diabetes dibanding mereka yang memiliki ukuran cup ‘A’ pada usia 20. Hal serupa juga terjadi pada mereka yang memiliki ukuran cup ‘C’ yang memiliki risiko 80% lebih tinggi mengidap diabetes.

Memang belum ada keterangan mengapa ukuran cup bra mempengaruhi risiko seseorang mengidap diabetes.

Namun sebuah teori menjelaskan jaringan lemak pada payudara atau disebut adipose, mungkin memiliki pengaruh dalam pembentukkan daya tahan tubuh terhadap efek dari insulin.

Jaringan adipose yang terdapat pada perut dan di punggung dikenal dapat menaikan risiko seseorang terkena diabetes.

Hasil penelitian yang dipublikasikan pada Canadian Medical Association Journal mencatat bahwa statistik menjelaskan ada hubungan antara ukuran cup bra dan perkembangan diabetes tipe dua yaitu diabetes karena tingginya zat gula dalam darah.

Meski para peneliti menyatakan masih harus ada penelitian lebih lanjut tentang kesimpulan tersebut, namun kini dokter memasukkan ukuran payudara sebagai salah satu ukuran untuk mengecek risiko diabetes pada perempuan.