Makanan Penambah Konsentrasi, Fokus & Daya Ingat Otak

Makanan atau cemilan yang kita makan tidak hanya membuat perut kenyang, melainkan juga berguna untuk kesehatan terlebih otak.

Nah, ada beberapa makanan yang diklaim bisa mempertajam fokus dan konsentrasi otak serta mempertajam memori jika Anda mengkonumsi dengan benar. Apa saja ?


Ikan

Sumber protein yang terkait untuk meningkatkan otak besar adalah ikan yang kaya omega 3 asam lemak dan penting untuk fungsi otak dan pembangunan. Diet omega 3 dapat mengurangi risiko demensia dan stroke, penurunan mental lebih lambat, dan mungkin memainkan peran penting dalam meningkatkan memori, terutama saat kita bertambah tua. Untuk kesehatan otak dan jantung, makan dua porsi ikan setiap minggu.

Kacang dan cokelat

Kacang dan biji-bijian merupakan sumber yang baik dari vitamin E antioksidan, yang berhubungan dengan penurunan kognitif disebabkan bertambahnya usia.

Dark chocolate juga memiliki sifat antioksidan kuat lainnya. Dan itu mengandung stimulan alami seperti kafein, yang dapat meningkatkan fokus dan konsentrasi. Nikmati satu ons sehari kacang dan dark cokelat untuk mendapatkan semua manfaat yang Anda butuhkan tanpa kelebihan kalori, lemak, atau gula.

Alpukat

Setiap organ dalam tubuh tergantung pada aliran darah, terutama jantung dan otak. Makan diet tinggi biji-bijian dan buah-buahan seperti alpukat dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular dan menurunkan kolesterol jahat.

Hal ini akan mengurangi risiko penumpukan plak dan meningkatkan aliran darah. Biji-bijian, seperti popcorn dan gandum utuh, juga memberikan kontribusi serat makanan dan vitamin E. Meskipun alpukat memiliki lemak, itu baik untuk Anda, karena lemak jenuh tidak tunggal yang ada pada alpukat memberikan kontribusi untuk aliran darah yang sehat.

Vitamin, mineral, dan suplemen

Meskipun banyak laporan mengenai kekuatan otak yang ditingkatkan oleh suplemen seperti vitamin B, C, E, beta-karoten, dan magnesium yang menjanjikan, ternyata suplemen hanya berguna untuk orang yang kurang nutrisi tertentu.

Kafein

Kafein dapat memberi energi dan membantu Anda fokus dan berkonsentrasi. Ditemukan di kopi, cokelat, minuman energi, dan beberapa obat-obatan. Tapi jika berlebihan, kafein dapat membuat Anda gelisah dan tidak nyaman.

Gula

Gula adalah sumber bahan bakar untuk otak Anda. Glukosa memetabolisme tubuh dari gula dan karbohidrat yang Anda makan. Itulah mengapa meminum segelas teh dapat menawarkan dorongan jangka pendek ke memori, proses berpikir, dan kemampuan mental. Tapi, kalau terlalu banyak, dapat mengganggu memori.