Penetapan Idul Fitri 1 Syawal 1432 H Lebaran 2011

Ditulis oleh Bibit WS pada 2011/08/20 | 8/20/2011 10:52:00 AM

Muhammadiyah Tetapkan Idul Fitri 1 Syawal Tanggal 30 Agustus 2011, NU? -- Pimpinan Pusat Muhammadiyah menetapkan 1 Syawal 1432 Hijriayah jatuh pada 30 Agustus 2011 mendatang yang juga merupakan hari raya Idul fitri. Itu berarti pada puasa tahun ini hanya dilaksanakan selama 29 hari. Penetapan 1 Syawal tersebut sesuai dengan hasil hisab hakiki wujudul hilal yang dipedomani oleh Majelis Tarjih dan Tajdid Pimpinan Pusat Muhammadiyah.

Ijtimak menjeleng Syawal 1432 hijriyah pada hari Senin terjadi pada Senin Wage 29 Sgustus Masehi pukul 10:05:16 WIB. "1 Syawal menurut data astronomi posisi Yogyakarta adalah +01 derajat 49' 57" (hilal sudah wujud). Kemudian posisi Makassar 1 derajat 30 menit lebih. Jakarta 1 derajat 45 menit. Selain itu seluruh wilayah Indonesia pada saat matahari terbenam hilal sudah beberapa di atas ufuk," ujar Wakil Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Sulsel Prof Dr Ambo Asse MAg pada jumpa persnya tentang penetapan 1 Syawal di Gedung Rektorat Unismuh Makassar, Jl Sultan Alauddin, Makassar, Jumat (19/8/2011).

Sebelumnya pada penetapan 1 Ramadan lalu masih seragam dengan yang ditetapkan oleh Kementerian Agama RI yang menggunakan metode Rukyah. Ketua PWM Sulsel Drs KH Muh Alwi Uddin MAg berharap pada penetapan 1 Syawal ini tidak ada perbedaan keputusan.

"Kita berharap tidak ada perbedaan atara 1 Ramadan dan 1 Syawal. Kalau memang berbeda tidak usah dipertentangkan biarkan masyarakat memilih. Masyarakat dibina secara cerdas dan dibina masyarakatnya," tambah Alwi yang juga hadir dalam jumpa pers tersebut didampingi dengan Sekretaris PWM Sulsel Drs H Mawardi Pewangi MPd I.

Mengenai kemungkinan adanya perbedaan penetapan tanggal Syawal dan Zulhijjah antara yang ditetapkan oleh Muhammadiyah dengan pihak lain, maka warga Muhammadiyah dihimbau untuk berpegang teguh kepada hasil hisab Majelis Tarjih dan Tajdid Pimpinan Pusat Muhammadiyah.

Kemudian menyelenggarakan salat Idulfitri di tempat yang telah terbiasa digunakan atau tempat-tempat lain yang dipandang representatif dengan pemberitahuan kepada isntansi pemerintah setempat yang berweanang. Beberapa tempat di Makassar yang sering digunakan salat Id bagi warga Muhammadiyah di antaranya di Kampus Unismuh Jl Sultan Alauddin, Pusat Dakwah Muhammadiyah Jl Perintis Kemerdekaan, Lapangan Awwalul Islam, dekat tol.

Warga Muhammadiyah juga dihimbau untuk mempersiapkan dengan baik pelaksanaan salat Id. "Artinya tidak melakukan aksi yag tidak melakukan tanggapan lain yang berbeda masa lebarannya," tambah Mawardi Pewangi.

Muh Alwi menanmbahkan perbedaan penetapan 1 Syawal sudah biasa itu tidka perlu dibertentangan apalagi dipertentangkan. "Ini pembelajaran pada masyarakat untuk memilih sesuatu yang dianggapnya benar. Karena itu dapat memahami, menghargai, dan menghormati adanya perbedaan tersebut serta menjunjung tinggi keutuhan, kemaslahatan, ukhuwah, dan toleransi sesuai dengan keyakinan masing-masing, disertai kearifan dan kedewasaan serta nilai ibadah itu sendiri," tambahnya.

Idul Adha

Selain menetapkan 1 Syawal 1432 Hijriyah, Pimpinan Pusat Muhammadiyah juga menetapkan jadwal Iduladha 10 Zulhijjah 1432 yang jatuh pada 6 November 2011 mendatang. Ijtimak menjelang Zulhijjag 1432 hijriayah terjadi pada Kamis 27 Oktober pukul 02:57:10 WIB sedangkan tinggi hilal pada saat matahari terbenam di Yogyakarta adalah +06 derajat 28' 53 " hilal sudah wujud dan diseluruh wilayah Indonesia pada saat matahari terbenam hilal sudah di atas ufuk.

1 Zulhijjah 1432 Hijriyah jatuh pada Jumat 28 Oktober dan hari Arafah 9 Zulhijjah jatuh pasa 5 November. Sumber Berita ►

1 komentar:

  1. dari zaman nabi dan khalifa sudah ada perdebatan kapan 1 syawal, namun meski ada perdebatan tetap dicapai kata mufakat, sehingga tidak ada kata2 dari nabi maupun khalifah "yang mau lebaran hari ini silakan, yang mau lebaran besok silakan"

    gak ada tuch..?!@#??

    kata-kata itu muncul sejak indonesia banyak partainya

    kata2 "yang penting beda biar terkenal" mari hapus dalam hati kita??

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.