Alkohol Minuman Perusak Kualitas Tidur

Alkohol Bikin Susah Tidur Banyak orang percaya bahwa minum minuman beralkohol sebelum tidur dapat membantu mendapatkan kualitas tidur yang baik. Jika Anda termasuk yang memiliki pikiran tersebut, Anda salah.

Penelitian terbaru menunjukkan sebaliknya. Faktanya alkohol mungkin dapat membantu Anda tertidur dengan cepat tetapi alkohol justru dapat mengganggu kualitas tidur.

Minum alkohol sebelum tidur dapat mengarahkan Anda pada tidur nyenyak selama separuh pertama malam hari, sebelum Anda menjadi tidak tenang dan gelisah di sisa malam berikutnya.

Hasil penelitian yang diterbitkan pada Journal Alcoholism: Clinical and Experimental Research ini, menunjukkan bahwa minuman beralkohol menyebabkan orang untuk bangun lebih awal dari biasanya. Penelitian ini dilakukan tim dari Universitas Akita, Jepang.

Mereka memberikan tiga dosis berbeda dari alkohol murni dengan interval tiga minggu kepada responden. Lalu, kualitas tidur mereka diuji. Hasil penelitian juga menemukan bahwa minum terlalu banyak sebelum tidur tidak hanya mengganggu tidur tapi juga memberikan dampak negatif pada sistem pencernaan tubuh dan dapat menyebabkan penyakit lainnya.

“Alkohol memengaruhi kerangka tidur sepenuhnya,” ujar Dr Yohei Sagawa, dari Universitas Akita, dikutip Female First.

Tidak hanya itu, ia menambahkan, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa minum justru menyebabkan insomnia dan bukan membuat tidur lebih berkualitas.