Tips Saat Interview

Interview merupakan tahapan penting yang menentukan peluangmu untuk diterima menjadi karyawan di suatu perusahaan.

Berbagai persiapan perlu dilakukan demi suksesnya sebuah interview, mulai dari persiapan fisik seperti baju, rias wajah, dan tata rambut, maupun persiapan mental terkait pengendalian rasa gugup dalam menghadapi para pewawancara.

Berikut beberapa panduan dari College Candy yang dapat kamu contoh ketika memiliki janji interview:

Kenakan pakaian yang sesuai. Pemilihan pakaian ketika interview menjadi penilaian tersendiri bagi pihak perusahaan. Kenakanlah pakaian yang rapi, layak, dan nyaman untuk interview, sebab, pakaian yang kamu kenakan menjadi cermin kepribadianmu.

Tidak perlu berlebihan. Meninggalkan kesan positif ketika interview memang sangat penting. Namun, rias wajah dan pakaian yang berlebihan untuk suatu proses interview dapat meninggalkan kesan buruk pada pihak perusahaan.

Jangan datang terlambat! Datang tepat waktu sesuai dengan janji temu yang ditetapkan mengindikasikan bahwa kamu adalah orang yang disiplin waktu serta menjadi nilai tambah bagimu di hadapan pewawancara.

Lakukan kontak mata dengan pewawancara. Selama waktu interview, kamu diberi kesempatan untuk menunjukan kepribadian melalui cara bicara dan kontak mata dengan peawancara. Maka tunjukan bahwa kamu adalah kepribadian yang mereka butuhkan untuk mengisi pekerjaan tersebut.

Kirimkan ucapan terima kasih karena telah diberikan kesempatan untuk interview. Hal yang jarang dilakukan ini dapat membantu pewawancara untuk mudah mengingatmu.

Jaga hubungan baik dengan mantan pewawancara. Jangan kecewa jika belum diterima dalam suatu kesempatan interview. Dengan menjaga hubungan baik dengan mantan pewawancara, kamu bisa memperlebar jaringan sehingga dapat memberikan tambahan informasi saat ada lowongan pekerjaan lain.

Semoga sukses!