Nanik Indriyati Ningsih Pemakan Balsem

Mengetahui seorang warga Kediri sehari-hari ketagihan mengkonsumsi balsem, petugas Puskesmas Kecamatan Ringin Rejo melakukan pemeriksaan terhadap Nanik Indriyati Ningsih (35).

Dari pemeriksaan sementara oleh petugas, tubuh dan kulit Nanik pucat dan mata juga pucat sayu seperti kekurangan darah. Namun tim medis belum mengetahui secara pasti dampak yang kini dialami Nanik, sehingga perlu pemeriksaan lebih lanjut.

“Apa yang dilakukan ibu nanik adalah kebiasaan saja, dia merasa nyaman karena menthol dari balsem. untuk lebih jelasnya harus melalui diagnosa medis lebih jauh lagi,” kata Wakil Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri, Nugroho kepada detiksurabaya.com, Sabtu (11/6/2011).

Usai diperiksa, dari pengakuannya Nanik ingin sekali sembuh. Dia pun berencana berobat ke RSUD Pare, Senin (13/6/11) mendatang.

Karena peralatan puskesmas tidak ada, pak dokter meminta saya untuk berobat ke Pare, katanya saya perlu difoto rontgen,” kata Nanik kepada detiksurabaya.com, Sabtu (11/6/11) siang.

“Sebenarnya saya takut untuk berobat, tetapi saya juga ingin sekali sembuh,” jelas Nanik sambil memasukkan potongan batang lidi yang dioles balsem ke dalam mulutnya.

Sebelumnya diberitakan Nanik suka mengonsumsi balsem setiap hari dengan cara dioles-oles di sela-sela giginya. Jika telat makan balsem, dia mengeluh mengalami mual dan sakit kepala. Tapi jika sudah makan balsem, tubuhnya terasa segar dan lebih bergairah. Nanik mengaku kebiasaan mengkonsumsi balsem ini dialami saat nyidam dan mengandung anak bungsunya, Siska Putri Rahayu 2003 lalu.