Isi 6 Instruksi Presiden Bebas Narkoba dari SBY

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) meninstruksikan bawahannya serta mengajak masyarakat Indonesia untuk lebih serius lagi melakukan pencegahan penyalahgunaan narkoba.

Menurut SBY, narkoba merupakan kejahatan sangat serius yang bisa merusak bahkan menghancurkan bangsa. Bahkan kata SBY, pencegahan yang dilakukan aparat saat ini belum cukup.

“Kejahatan ini sangat serius. Oleh karena itu saya ingin menyampaikan bahwa cara yang kita jalankan sekarang dan upaya yang ditempuh saat ini belum cukup,” ujar SBY saat membuka Peringatan Hari Narkotika Internasional (HANI) 2011, di Silang Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat, Minggu (25/6/2011).

SBY mengajak semua elemen untuk bekerja lebih keras dalam memberantas kejahatan penyalahgunaan narkotika.

“Kita harus lebih agresif dan ambisisus lagi dalam kejahatan ini. BNN harus lebih bekerja keras lagi,dalam menangani kejahatan ini Saya ingin menyampaikan ajakan atau instruksi para jajaran,” kata dia.

Berikut enam ajakan SBY dalam pidato peringatan HANI:

Pertama, mari kita tingkatkan intensitas dan efektifitas gerakan dalam pencegahan dan penyalahgunaan narkoba

Kedua, mari kita tingkatkan kerja sama regional serta internasional yang lebih efektif agar tidak semudah itu pengaruh sindikat narkoba internasional mengobok-obok kita dalam melakukan kegiataan di negeri kita.

Ketiga, Pada para pendidik,orang tua ,pemuka agama untuk lebih aktif dalam membimbing dan mengawasi generasi muda agar tidak terjerumus dalam kejahatan narkoba.

Keempat, kepada kepolisian dan badan hukum dapat membongkar dan mengadili oknum dan napi narkoba dengan keras namun tetap adil.

Kelima, saya sungguh mengajak kepada RT, RW, kelurahan, dan kecamatan harus ada dan peduli dan terus menjaga agar tidak ada sarang-sarang narkoba dilingkungannya.

Keenam, akan terus bekerja sekeras-kerasnya dan mengalokasikan anggaran dengan besar kepada pengusaha besar di Indonesia untuk membangun tempat rehabilitasi.

“Telah saya keluarkan instruksi presiden, agar menjalankan perintah ini untuk mencegah narkoba,” pungkasnya.