Faktor Penentu Ukuran Payudara

Ukuran payudara seseorang tidak dapat dikategorikan sama. Banyak faktor yang mempengaruhi besar-kecilnya ‘investasi’ kaum Hawa tersebut.

Hasil sebuah survei membuktikan, 42% wanita memiliki payudara berukuran cup B. Tapi hal ini tidak membuat mereka yang memakai ukuran lainnya menjadi tidak normal. Sebab, survei ini juga membuktikan bahwa 58% wanita tidak mengenakan ukuran bra standar cup B.

Seperti dilansir dari Mysecrethealth, berikut faktor penentu perubahan bentuk payudara perempuan:

Usia

Payudara adalah organ yang sangat dinamis dari tubuh manusia. Hal ini berarti ukurannya mengalami perubahan terus menerus sepanjang usia orang tersebut. Payudara remaja yang baru masuk masa pubertas cenderung kecil, tapi akan tumbuh seiring pertambahan usia.

Keturunan

Faktor keturunan memainkan peranan cukup besar dalam menentukan ukuran payudara. Biasanya hal ini ditentukan dari ukuran payudara sang ibu. Tapi tidak semua anak memiliki ukuran payudara yang sama dengan ibunya, karena faktor lain juga turut mempengaruhi.

Olahraga

Olahraga dapat mempengaruhi ukuran payudara. Salah satunya adalah bentuk latihan yang bekerja langsung terhadap otot dada yang mendasari jaringan payudara, dan membantu mengencangkan payudara. Selain itu yoga dan terapi Ayurvedic juga mempengaruhi ukuran payudara.

Kehamilan

Selama hamil ada beberapa perubahan dalam ukuran payudara dan sebagian besar perubahan ini menjadi permanen. Payudara akan meningkat dan menunjukkan peningkatan ukuran cup.

Menstruasi

Ukuran payudara akan sedikit mengalami perubahan selama siklus menstruasi. Perubahan ukuran dari payudara ini biasanya disertai dengan perubahan bentuk puting dan areolanya.

Berat badan

Setiap terjadi perubahan berat badan secara keseluruhan, maka akan mengubah ukuran payudaranya juga. Perubahan ini umumnya bersifat reversible, dalam arti akan kembali ke ukuran aslinya.

Gizi dan gaya hidup

Menurut penelitian, ukuran payudara rata-rata berkembang dari 34B menjadi 34C selama beberapa dekade terakhir. Peningkatan itu dipengaruhi beberapa faktor, termasuk gizi yang lebih baik dan olahraga teratur.