Ulat Bulu Aneh Serang Padang Sumatra

Ternyata tak hanya di Pulau Jawa dan Bali saja, ulat bulu juga menyambangi Padang, Sumatera Barat, seperti yang terjadi di Kelurahan Purus Tengah, Kecamatan Padang Padang Barat, Kota Padang. Ulat bulu ini sudah menjalan ke rumah warga.

Idayanti (54) warga RT 03- RW 06, Kelurahan Purus Tengah pada okezone mengatakan ulat bulu ini ada sejak Sabtu kemarin. Keberadaan ulat bulu diketahui anak-anak sekolah dasar saat hendak berolahraga. “Kejadian itu membuat para siswa urung melakukan sepakbola,“ katanya di lokasi, Selasa (26/4/2011).

Lanjut Ida, Kepala SD 25 dan 28 Purus langsung memberitahu peristiwa ini kepada Kelurahan, pihak kelurahan langsung memberitahu kecamatan, Dinas Pertanian dan Kesehatan. “Hari Sabtu itu juga pihak pemerintah ke sini dan mengambil contoh, petugas kesehatan hanya mengatakan ‘jangan di gangu ulat ini,” ujarnya.

“Sampai sekarang ulat ini masih menjalar di rumput sekitar sekolah itu, namun ulat ini malah tambah banyak bahkan sudah menjalar ke rumah warga di sekitar itu.” Saking penasarannya Ida mengambil ulat bulu yang berwarna hitam, putih dan kuning tersebut dan menempelkan ke kulitnya. “Saya coba melengketkan ke kulit saya ternyata rasanya gatal-gatal dan panas-panas,” katanya.

Kini ia dan warga setempat meminta untuk segera ditanggulangi pemerintah agar tidak menjalar sampai masuk ke rumah warga. “Ulat ini akan banyak kalau dibawah jam 09.00 WIB, kalau sudah siang ulat ini turun ke tanah untuk berlindung,” tutupnya.