Puting Beliung Serang Sidoarjo

Dalam tiga pekan ini, Kecamatan Waru, Kabupaten Sidoarjo dilanda puting beliung. Sebelumnya, ratusan rumah di kawasan Desa Brebek, Tambak Oso rusak parah, kini puting beliung menerjang kawasan pemukiman warga dusun Ambeng-ambeng, Desa Ngingas, Sidoarjo, Jawa Timur.

Akibat terjangan angin yang berputar-putar itu, sekitar 60 rumah warga Ngingas porak poranda. Atap rumah runtuh dan sebagian ada juga yang beterbangan. Genteng SDN Ngingas I rusak parah dan pepohonan yang ada di depannya banyak roboh terkena angin itu.

Zainuddin Arifin, warga Dusun Ambeng-ambeng RT11 RW3 mengungkapkan angin datang secara bergemuruh. Melihat pergerakan angin yang datang dari arah utara itu, dirinya beserta keluarga cepat-cepat mencari tempat berlindung.

“Empat buah tenda depan rumah roboh bergelimpangan, dan sebagian ada yang terbang hingga seratus meter, atau jatuh didekat sekolahan samping barat rumahnya,” ujarnya, Minggu (10/4/2011).

Dia juga menyebut, akibat sapuan angin tersebut, dua warga yakni Rohana dan Basori, tetangga sebelah barat rumahnya, luka akibat kena reruntuhan genteng atau asbes rumah mereka. Keduanya semula dibawa ke Puskesmas Waru. “Karena lukanya cukup serius atau harus dijahit, mereka dilarikan ke rumah sakit,” tandasnya.