Koin Sastra: Cara Ikut Gerakan Koin Sastra

Koin Sastra (Muhammad Nur Abdurrahman) Jadi, apa itu ‘Koin Sastra’? Ya, mungkin sudah banyak yang mendengar bahwa ini adalah gerakan masyarakat untuk menggalang dana guna menyelamatkan Pusat Dokumentasi Sastra HB Jassin yang terancam tutup. Tapi, apa bentuk gerakannya, dan bagaimana caranya jika mau ikutan?

Koordinator ‘Koin Sastra‘ Krisna Pabhicara menjelaskan, pada 13 April pukul 19.00 WIB nanti, di Bentara Budaya Jakarta, para sastrawan dan musisi akan berkumpul. Krisna menyebutkan nama-nama seperti Dewa Budjana, Ayu Laksmi, Ari Lasso, Djenar Maesa Ayu hingga Happy Salma akan hadir.

“Mereka akan datang dan tidak menerima imbalan (bayaran) untuk tampil. Mereka total wujud cinta untuk sastra,” ujarnya saat dihubungi detikhot, Selasa (5/4/2011).

Jadi, jika Anda sastawan atau musisi maka Anda bisa bergabung untuk ikut tampil memerihakan acara dengan menyanyi atau membaca puisi. Bagaimana dengan masyarakat biasa yang ingin hadir dan menyumbang?

Menurut Krisna, panitia akan menyediakan kotak-kotak untuk menampung koin-koin kepedulian dari para pengunjung. Tentunya, ‘koin’ hanya simbol. Anda tak harus menyumbang dalam bentuk koin.

“Bagi yang tidak membawa cash, akan disediakan kertas pernyataan bahwa mereka akan menyumbang. Biar dananya tercatat jelas dan terang,” papar Krisna.

Bagi Anda yang tidak bisa hadir pada malam acara nanti, tetap bisa ikut berpatisipasi.

Sumbangan bisa ditransfer melalui rekening resmi ‘Koin Sastra’:
BCA: 7770817565 dan
Mandiri: 131-00-0971505-5
atas nama Zeventina.

“Setelah atau sebelum mentransfer sebaiknya menghubungi nomor telepon Zeventina, di 08180214661 atau 081398958598,” tutup Krisna.