Kasus Rahmat (Icha) & Umar: Berawal dari Facebook

Kriminolog Universitas Indonesia (UI) Adrianus Meliala menilai kasus penipuan yang dilakukan Rahmat alias Fransiska Anastasya Oktaviany, sebagai fenomena langka dan tidak biasa.

Sebab, kata dia, tidak mudah memperdaya orang dengan cara menyamar sebagai lawan jenis dalam waktu yang cukup lama. Bahkan, Rahmat alias Ica sudah dinikahi oleh Muhamad Umar yang dikenalnya lewat jejaring sosial Facebook.

“Ya, itu memang kasus yang tidak biasa, langka dan jarang terjadi. Bukan motif yang umum. Sehingga bagi pelaku sendiri, sulit mengungkap identitas pribadi sebenarnya. Makanya ini sebuah fenomena yang aneh dan tidak masuk akal,” kata Adrianus kepada okezone, Minggu (3/4/2011).

Kendati demikian, Adrianus yakin ada motif tertentu dalam misi penyamaran yang dilakukan Rahmat ini. ‚ÄúPasti ada motif personal yang diinginkan pelaku,” ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, seorang warga Bekasi, Jawa Barat, bernama Muhamad Umar mengaku tertipu setelah menikahi seorang wanita yang dikenalnya lewat Facebook. Setelah enam bulan menikahi Ica, Umar baru mengetahui bahwa ternyata istri yang dinikahinya berjenis kelamin pria.

Penyamaran Rahmat ini terbongkar setelah salah seorang warga menemukan KTP asli milik pelaku. Temuan ini lantas ditindaklanjuti oleh warga setempat dengan mendesak agar Icha memeriksakan diri ke dokter.

Warga berani mendesak dia karena selama ini mendengar keluhan dari Umar bahwa istrinya tidak mau diajak berhubungan intim. Akhirnya Icha pun mengakui bawa dirinya adalah lelaki bernama Rahmat asal Pasar Rebo, Jakarta Timur.