Inong Melinda Nama Asli Malinda Dee

Inong Melinda (kaskus) Pelaku penggelapan dana nasabah Citibank yang ditangkap polisi selama ini dikenal dengan inisial MD atau Malinda Dee.

Itu bukan nama sebenarnya. Polri hari ini menyebutkan nama asli bekas manajer Citibank itu. “Nama asli dia Inong Melinda, di kantornya menggunakan nama Malinda,” kata Kepala Divisi Humas Polri, Irjen Pol Anton Bahrul Alam di Mabes Polri, Jakarta, Kamis 31 Maret 2011.

Inong Melinda diperkarakan karena memindahkan dana nasabah Citibank ke rekeningnya. Dari praktik nakalnya itu, lebih dari Rp17 miliar uang nasabah Citibank telah ia garong. Inong tak sendirian melakukan aksinya, dibantu temannya yang merupakan teller Citibank, berinisial D.

Perempuan berusian 47 tahun itu ditangkap oleh penyidik Mabes Polri setelah dilaporkan oleh pihak Citibank atas tindakannya menggelapkan uang nasabah tersebut. “Dua pekan lalu pihak bank melapor, kan banknya tidak mau ketempuhan juga,” kata Anton.

Modus operandi Melinda untuk melancarkan kejahatannya itu dilakukan dengan cara memindahkan uang nasabah Citibank ke rekening bank lain. Kemudian, uang itu berujung ke rekening perusahaan milik Melinda. “Pada akhirnya uangnya masuk ke perusahaan milik Melinda yang atas nama orang lain,” kata Anton.

Sejumlah barang bukti telah disita oleh penyidik Polri dari tangan Melinda. Barang bukti-barang bukti itu antara lain berupa sejumlah dokumen bukti transaksi, mobil Hummer bernomor polisi B 18 DIK atas nama suaminya, artis berinisial AG, juga sebuah Mercedes Benz.

Sebelumnya, Director Country Corporate Affairs Head Citi Indonesia, Ditta Amahorseya, memastikan bahwa perusahaan berkomitmen melindungi kepentingan nasabah, termasuk secepatnya mengembalikan dana yang hilang.

“Kami telah menghubungi seluruh nasabah yang mungkin terkena dampak transaksi tidak sah ini,” kata Ditta melalui keterangan tertulis. Saat ini, menurut Ditta, MD sudah tidak lagi bekerja di Citibank. “Namun kami tetap bertanggung jawab,” katanya. (VIVAnews)