(FOTO) Ulat Bulu di Kendal

Ulat bulu yang menyerang Perkantoran Cipta Karya dan Tata Ruang Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, Selasa (5/4/2011). Tidak hanya wilayah Probolinggo dan Banyuwangi Jawa Timur, yang diserang ulat berbulu. Binatang yang bisa membuat gatal kulit bagi yang menyentuhnya itu juga melanda di wilayah Kabupaten Kendal Jawa Tengah.

Di daerah ini ratusan bahkan ribuan ulat berwarna coklat tua tersebut menyerang sejumlah pohon mangga dan angsana, yang ada di komplek Kantor Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang (Ciptaru) Kabupaten Kendal. Ulat bulu ini menyerang pohon-pohon yang ada di Ciptaru sejak sebulan lalu. Sebenarnya, pihak Ciptaru, sudah memotong beberapa pohon, untuk mengurangi ulat berbulu itu. Namun, ulat-ulat itu, berpindah tempat dan semakin banyak.

Kepala Dinas Ciptaru Kendal, Mohamad Toha, mengatakan, ulat bulu berwarna coklat tua itu kerap merambat ditembok-tembok perkantoran dan mobil yang diparkir di daerah itu. Pihaknya sudah berkoordinasi dengan dinas pertanian setempat agar dilakukan penyemprotan sehingga serangan ulat bulu tersebut tidak meluas.

“Kami sebenarnya sudah melakukan penyemprotan dengan menggunakan air lewat mobil pemadam kebakaran. Namun ulat-ulat itu semakin merajalela,” kata Toha.