Foto Pohon Kelapa Cabang 5 (Lima)

Warga Dusun Citotok Desa Ciparanti Kecamatan Cimerak Kabupaten Ciamis digegerkan dengan tumbuhnya pohon kelapa setinggi 25 meter yang memiliki keanehan yakni bercabang lima. Pohon kelapa itu tumbuh di pinggir kali. Kelima cabangnya berbuah normal seperti pohon kelapa pada umumnya.

Berdasarkan informasi yang dihimpun INILAH.COM, pohon kelapa tersebut ditanam sekitar tahun 1962. Saat ini tinggi pohon diperkirakan mencapai sekitar 25 meter dengan tinggi cabang masing-masing sekitar 2,5 meter.

Awalnya pohon kelapa tersebut tumbuh normal. Saat tingginya kurang lebih 14 meter, pohon kelapa tersebut sempat hampir mati akibat serangan hama. Namun setelah itu, pohon kelapa tumbuh kembali bahkan menjadi lima tunas yang semakin membesar.

Tak ada yang berbeda dari pohon kelapa tersebut. Rasa buah kelapanya, sama dengan kelapa pada umumnya. “Kami sekeluarga mencoba mempertahankan pohon ini karena membawa berkah, buahnya banyak. seperti punya lima pohon kelapa,” tutur Hopid, pemilik pohon kelapa.

Rohimat (37) tetangga Hopid menceritakan, ketinggian kelima cabang pohon kelapa tersebut hampir sama. Ia mengaku sempat menyadapnya. “Ternyata hasil sadapannya banyak, malahan gula merah yang dihasilkan kualitasnya sangat bagus,” tuturnya.