(FOTO) Kupu-kupu Hiasi Probolinggo

Sebagian ulat bulu yang menyerang delapan kecamatan di Probolinggo, Jawa Timur, kini sudah menjadi kupu-kupu (Lihat: Foto Ulat Bulu Serang Probolinggo).

Diperkirakan sebesar 30 persen saja dari total ulat bulu yang menghinggapi tanaman dan rumah warga sudah bermetamorfosa menjadi kupu-kupu.

Pemandangan kupu-kupu berterbangan terlihat di Desa Pondok Wuluh, Kecamatan Leces dan Desa Kedung Rejo, Kecamatan Bantaran.

Warga yang sebelumnya resah, jijik, bahkan mengeluhkan gatal karena tanaman dan rumah mereka dihinggapi jutaan ulat bulu, kini menyaksikan pemandangan luar biasa. Banyak anak-anak yang berlari-lari mengejar kupu-kupu.

Inah, warga Desa Pondok Wuluh, mengatakan sejak Minggu kemarin anak-anak di desanya sudah bermain menangkap kupu-kupu.

“Ada banyak kupu-kupu di sini. Anak-anak jadi senang,” tutur Inah, Senin (4/4/2011).

Kelapa Dinas Pertanian Kabupaten Probolinggo Hasyim Ashari saat dikonfirmasi melalui telepon menjelaskan, saat ini merupakan memasuki fase kepompong dan menjadi kupu kupu, meski baru berkisar 30 persen.

Dalam hitungan hari, lanjut dia, keseluruhan ulat akan menjadi kepompong dan berubah menjadi kupu kupu.

Meski demikian, kupu-kupu tersebut harus diwaspadai karena berpotensi bertelur dan menetaskan ulat-ulat yang baru lagi.

“Memasuki siklus ke-4 ini kupu-kupu akan menjadi dewasa dan berpotensi bertelur dan menetaskan ulat,” ungkap Hasyim.

Menurut dia, tidak tertutup kemungkinan hama ulat dalam jumlah banyak akan terlihat lagi setelah fase ini, namun cuaca terik atau panas diharapkan mencegah penetasan telur sehingga jumlahnya tidak akan maksimal.