Foto Inong Melinda Dee di Atas Catwalk

Inong Melinda alias Malinda Dee usai diperiksa polisi (Antara/ Kholis) Sebelum kasus penggelapan dana nasabah Citibank terkuak, hanya sedikit orang yang mengenal sosok Malinda Dee alias Inong Melinda. Meski ia pernah menduduki jabatan mentereng, sebagai Relationship Manager Citibank.

Malinda juga sempat beberapa kali melenggang di atas catwalk. Jadi peragawati. Pada Jumat 22 April 2010, Malinda Dee tampil berbalut kebaya rancangan Andre Frankie dalam peragaan tunggal bertajuk ‘The Art of Kebaya‘ di Hotel Four Seasons.

Ia tampil sepanggung dengan sejumlah tokoh dan sosialita, yakni Dewi Soedarjo, Karlina Chandra, Maya Ludy, Metta Anton, Miana Sudwikatmono, Patty Siahaan, Sendy Yusuf, dan penyanyi Titi DJ.Fo to Malinda juga tampil dalam buku eksklusif ‘The Art of Kebaya‘ setebal 176 halaman.

Dua tahun sebelumnya, tepatnya pada 22 Juli 2008, Malinda juga tampil dalam peragaan busana yang diadakan Yayasan Kanker Indonesia (YKI) di Hotel Mulia, Jakarta.

Dalam acara bertema ‘Untukmu Perempuan Indonesia’, Malinda tampil dalam balutan gaun hitam. Saat itu, ia sepanggung dengan sejumlah tokoh dan sosialita, termasuk Rini Sutiyoso dan Titik Soeharto.

Karena kasusnya, Malinda kini ditahan rutan Bareskrim Mabes Polri. Dari tiga nasabah, perempuan seksi 47 tahun itu diduga menggondol uang Rp17 miliar. Sekali beroperasi, ia menggelapkan uang Rp1-2 miliar dari masing-masing rekening. Modusnya, dana nasabah dipindahkan antar perusahaan, yang bermuara ke perusahaan pribadi milik Malinda.

Malinda tak sendirian melakukan aksinya. Polisi telah menetapkan seorang teller Citibak berinisial D sebagai tersangka. Namun, ia tak ditahan. Sebab, D mengaku hanya menerima perintah atasan dan tak menikmati hasilnya.

Atas perbuatannya itu, Malinda dijerat dengan Undang-undang Nomor 8 tahun 2010 tentang tindak pidana pencucian uang. Malinda diduga sengaja melakukan kejahatannya dengan mengaburkan transaksi dan pencatatan tidak benar terhadap beberapa slip transfer penarikan dana pada rekening nasabahnya.

Dalam penampilan perdananya di depan publik, Senin 4 April 2011, Malinda tampil cantik, menggenakan kerudung hitam dan jaket pink. Wajahnya yang dirias menebar senyum ke arah wartawan. “Saya sudah katakan lawyer (pengacara) saya, saya ingin berita yang berimbang. Tolong media membantu saya juga,” kata Melinda sesaat keluar dari gedung Bareskrim.

Hak cipta: VIVAnews