Cara Efektif Basmi Ulat Bulu

Ini Dia Cara Efektif Basmi Ulat Bulu di Bandung – Kepala Dinas Pertamanan dan Pemakaman (Distankam) Kota Bandung Yogi Supardjo mengimbau warga untuk membasmi ulat bulu dengan sistem ramah lingkungan seperti membakarnya.

Hal itu dilakukan seperti saat Distankam saat sejumlah ulat bulu menyerang pohon Katapang Kencana di rumah Sumitro, Kompleks Perumahan Cibolerang Kecamatan Babakan Ciparay.

“Kita lakukan penyemprotan di pohon yang terkena tersebut dulu, dengan menggunakan insektisida kontak karena sudah ada ulat bulu di pohon tersebut. Untuk pohon yang berada di sekitar daerah tersebut akan dipantau dulu, jika diperlukan akan disemprot juga,” katanya kepada wartawan di Balaikota Bandung Jalan Wastukencana, Selasa (12/4/2011).

Sementara untuk ulat bulu yang berada di bawah pohon, pihaknya meminta masyarakat menurunkan dan membakarnya. “Kita harus membasmi ulat bulu tersebut, dengan cara ramah lingkungan, seperti membakar ulat bulu tersebut,” terangnya.

Yogi menambahkan, untuk pohon yang belum ada ulat bulu, akan dilakukan penyemprotan dengan insektisida yang sistematik. Tetapi, lanjutnya, insektisida yang sistemik itu berbahaya untuk pohon berbuah.

“Karena insektisida yang sistemik, meresap sampai ke dalam bagian pohon tersebut, sehingga berbahaya pada buah-buahan tersebut jika dimakan,” tandasnya.

Dinas Pertamanan dan Pemakaman (Distankam) Kota Bandung telah menerima laporan dari masyarakat terkait penyebaran ulat bulu di salah satu pohon katapang kencana di halaman rumah staf distankam Sumitro di Perumahan Cibolerang Kecamatan Babakan Ciparay.