Berita Bentrokan di Kebumen

Bentrokan yang diduga terjadi antara tentara dan warga di Kebumen, Jawa Tengah, membuat prihatin banyak pihak. Imparsial meminta pemerintah melakukan penyelidikan dengan menggunakan lembaga independen.

“Ini jadi sangat prihatinkan, situasi ini harus dijawab pemerintah harus segera diselidiki dengan instansi yang independen guna ada kepastian hukum dari porses itu,” ujar Direktur Program Imparsial Al-Araf saat dihubungi okezone, Minggu (17/4/2011).

Presiden juga perlu mengevaluasi kinerja Panglima TNI. Pasalnya kekerasan yang diduga dilakukan oknum TNI juga sering terjadi.

Sementara itu, dihubungi terpisah, Rusdi Marpaung, Peneliti Senior Imparsial, mengatakan bahwa kinerja polisi juga perlu ditingkatkan soal penanganan kekerasan ini.

“Yang saya lihat polisi di sini harusnya bertindak tegas, kalau kasus seperti ini polisi kan selalu melimpahkan ke peradilan militer kan harusnya ini bisa dijerat dengan KUHP dan satu lagi. Ini peradilan milternya juga harus direformasi,” tegas Rusdi.

Selanjutnya juga, peran intel polisi menurut Rusdi perlu proaktif dalam segala tindak kekerasan.
“Di situ polisi yang harusnya yang proaktif, kan ada intel,” pungkasnya.

Kekerasan yang diduga terjadi antara tentara dan warga di Kebumen Jawa Tengah, membuat beberapa petani mengalami luka tembak peluru karet dan pukulan. Belasan orang di antaranya dirawat di RSUD Kebumen dan RS Petanahan.