Andhika Gumilang Ikut Kasus Melinda Dee

Andika Gumilang, Adhika Gumilang, Andhika Gemilang Andika Gumilang, artis muda yang juga bintang iklan salah satu merek rokok disebut-sebut ikut terseret kasus Inong Melinda alias Melinda Dee. “Andika Gumilang adalah suami dari MD” kata Juru Bicara Mabes Polri Inspektur Jenderal Anton Bachrul Alam kepada Tempo, Kamis 31 Maret 2011 saat ditemui di kantornya.

Anton membenarkan, Andhika ikut diperiksa dalam kasus penangkapan Inong Melinda alias Melinda, 47 tahun, Senior Relation Manager Citigold Citibank, pembobol dana nasabah Citibank. Pemeriksaan dilakukan setelah tim dari Direktur Ekonomi Khusus Bareskrim mencokok Melinda di Apartemen mereka, kawasan SCBD, Rabu 23 Maret 2011 lalu.

Rabu malam itu juga, usai diperiksa, perempuan itu langsung masuk sel tahanan Bareskrim Mabes Polri. Tim penyidik menyita dokumen -dokumen transaksi, mobil Hummer – 3 Luxury Sport Utility B 18 DIK yang dikendarai suaminya. Juga Mercedez Bens yang digunakan anaknya. ” Mobil itu atas nama suaminya dan diperiksa sebagai barang bukti” kata Anton.

AG atau Andhika Gumilang, dikenal sebagai pemain sinetron dan bintang iklan sebuah merek rokok dengan jargon: “Siapa sih lo?”. “Cut. cut!” atau “mana ekspresi loe?”. Andika, 21 tahun, juga bermain film dan sinetron. Salah satunya bersama Dhea Ananda dan Film Horor bersama Angie Virgin dan Sheila Marcia Joseph.

Seperti diketahui, Melinda diduga dengan sengaja melakukan kejahatan dengan mengaburkan transaksi dan pencatatan tidak benar terhadap beberapa slip transfer penarikan dana pada rekening nasabahnya. Dalam aksinya, Melinda dibantu koleganya yang bekerja sebagai teller di bank itu, yaitu Dwi.

Aksi itu dilakukan Melinda dalam tiga tahun terakhir. Alhasil, istri pemain iklan rokok ini diduga berhasil membobol Rp 17 miliar duit nasabah Citibank. “Awalnya dia membantah terus, tapi saat kepepet bilang iya (mengakui) juga,” kata Anton.

Polisi menjerat Melinda dengan Pasal 49 ayat 1 dan 2 UU no 7 tahun 1992 sebagaimana diubah dengan UU no 10 tahun 1998 tentang Perbankan dan atau Pasal 6 UU no 15 tahun 2002 sebagaimana diubah dengan UU no 25 tahun 2003 sebagaimana diubah dengan UU no 8 tahun 2010 tentang tindak pidana pencucian uang.