Foto Al-quran Kuno Raksasa Besar

Sebuah naskah yang jarang terlihat dari salah satu salinan dunia yang paling penting dari Al Qur’an akhirnya dipublikasikan secara online.

Kitab suci yang ditulis tangan, diperkirakan sekitar 500 tahun, begitu berharga dan dan selama ini para ulama tidak tidak bisa menayangkannya di layar televisi karena kondoisinya sudah sangat rapuh.

Klik Gambar untuk Memperbesar

Kini para ahli di University of Rylands John Manchester’s Library menggunakan teknologi digital untuk memotret setiap halaman dan menerbitkan buku online untuk memungkinkan para sarjana dan siswa untuk mempelajarinya.

Analisis gambar digital terpaksa harus menggunakan bantuan para ahli agar naskah tersebut tetap terjaga keasliannya dan tetap akurat.

Al Quran kuno ini diyakini berasal dari Kairo dari perpustakaan Kansuh al-Ghuri, salah satu Sultan Mamluk terakhir dari Mesir.

Dikenal sebagai Quran Rylands dari Kansuh al-Ghuri, itu memiliki dua halaman yang hilang, atau daun, yang ditemukan pada tahun 1970-an di Perpustakaan Chester Beatty di Dublin.

Halaman-halaman yang pernah hilang itu juga akan ditampilkan secara utuh dalam gambar digital dan bersatu kembali di dalam kitab yang akan ditampilkan di internet.

Setidaknya 950 gambar akan diambil – dengan masing-masing file berukuran 120MB – dengan sudut-sudut yang sangat detail.

Setelah dipindahkan ke internet, Al Quran kuno ini akhirnya akan tersedia secara bebas untuk penelitian, pengajaran dan pembelajaran menggunakan teknologi menghidupkan halaman pada situs khusus.

http://forum.detik.com/wow-menakjubkan-al-quran-raksasa-kuno-akhirnya-bisa-dilihat-melalui-p12132341.html#post12132341