Neraca Pembayaran Internasional

Ditulis oleh beat2ws pada 2010/11/16 | 11/16/2010 11:48:00 AM

neraca Pengertian Neraca Pembayaran
Neraca pembayaran merupakan suatu ikhtisar yang meringkas transaksi-transaksi antara penduduk suatu negara dengan penduduk negara lain selama jangka waktu tertentu (biasanya satu tahun). Neraca pembayaran mencakup pembelian dan penjualan barang dan jasa, hibah dari individu dan pemerintah asing, dan transaksi finansial. Umumnya neraca pembayaran terbagi atas neraca transaksi berjalan dan neraca lalu lintas modal dan finansial, dan item-item finansial.

Transaksi dalam neraca pembayaran dapat dibedakan dalam dua macam transaksi.
  1. Transaksi debit, yaitu transaksi yang menyebabkan mengalirnya arus uang (devisa) dari dalam negeri ke luar negeri. Transaksi ini disebut transaksi negatif (-), yaitu transaksi yang menyebabkan berkurangnya posisi cadangan devisa.
  2. Transaksi kredit adalah transaksi yang menyebabkan mengalirnya arus uang (devisa) dari luar negeri ke dalam negeri. Transaksi ini disebut juga transaksi positif (+), yaitu transaksi yang menyebabkan bertambahnya posisi cadangan devisa negara.

Dari sumber lain dijelaskan sebagai berikut:
  • Neraca pembayaran suatu negara adalah catatan yang sistematis tentang transaksi ekonomi internasional antar penduduk negara itu dengan penduduk negara lain dalam jangka waktu tertentu.
  • Tujuan utamannya adalah untuk memberikan informasi kepada pemerintah tentang posisi keuangan dalam hubungan ekonomi dengan negara lain serta membantu di dalam pengambilan kebijaksanaan moneter, fiskal, perdagangan dan pembayaran internasional.
Artikel ini diterbitkan sebagai arsip pemilik SerbaSeru.Com. Anda bisa melihat artikel aslinya di Wikipedia Indonesia dan/atau download versi PDF di sini.

0 komentar:

Poskan Komentar

Search terms:
Ekonomi, Personal, Neraca Pembayaran Internasional, Ekonomi: Neraca Pembayaran Internasional, Personal: Neraca Pembayaran Internasional, Neraca Pembayaran Internasional

Diberdayakan oleh Blogger.